Pengertian Ethernet Dan fungsi ethernet

Pengertian Ethernet Dan fungsi ethernet

Ethernet adalah teknologi jaringan komputer dalam rangka jaringan area lokal (LAN). sistem komunikasi Ethernet melalui membagi aliran data menjadi paket-paket individual yang disebut frame. Setiap frame berisi alamat sumber dan tujuan dan memeriksa kesalahan data sehingga data yang rusak dapat dideteksi dan dikirim kembali. Ethernet adalah protokol LAN yang memungkinkan setiap PC "ras" untuk mengakses jaringan. protokol LAN Ethernet sekarang menjadi yang paling populer karena relatif murah dan mudah untuk menginstal dan pegangan.

Ethernet Card adalah jenis perangkat keras jaringan komputer dalam bentuk adaptor, awalnya diciptakan untuk membangun Local Area Network (LAN). Hal ini digunakan untuk mendukung standar Ethernet untuk koneksi jaringan berkecepatan tinggi melalui kabel dalam jaringan, atau sering disebut sebagai kartu LAN. Secara historis, Ethernet diciptakan oleh Xerox pada tahun 1976. Ethernet telah disetujui sebagai standar industri protokol LAN pada tahun 1983. Sebuah jaringan yang menggunakan Ethernet sebagai protokol yang sering disebut jaringan Ethernet.

Cara kerja Ethernet

Ketika komunikasi dalam jaringan komputer, sistem komunikasi melalui Ethernet akan membagi aliran data menjadi potongan-potongan pendek atau dikenal sebagai frame. Dan setiap frame adalah sumber dan alamat tujuan.

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara pengiriman data melalui Ethernet.
Ethernet memiliki mekanisme kerja yang sangat sederhana.
`
Pertimbangkan beberapa teknik pengiriman berikut:

1. tugas Ethernet untuk mengirim paket data ke alamat yang di tuju.

2. Sebelum mengirim data, ethernet melihat kondisi terlebih dahulu apakah ada komputer lain yang sedang mengirim data ke komputer Anda?
atau melakukan pengecekan, jika jaringan sibuk atau tidak?

3. Jika jaringan sibuk maka transmisi data akan ditangguhkan atau ditunda untuk sementara waktu.

4. Setelah jaringan dalam keadaan workstation tenang / tidak yang melakukan transmisi data, maka ethernet bergantian mengirimkan datanya ke alamat tujuan.

5. Jika ada dua workstation yang mengirimkan paket data secara bersamaan, data yang tabrakan mungkin terjadi.

6. Dan seterusnya, sampai paket data menjadi dikkirim kelelahan.

7. Dalam semua proses pengiriman menunggu proses lain yang dilakukan sangat rapi dan ukuran waktu yang sangat singkat sehingga Anda tidak bisa merasakan pergantian keluar masuknya data.

Jenis Ethernet

Dalam hal kecepatan untuk mengirimkan data, Ethernet memiliki 4 jenis kecepatan yang berbeda.
10 Mbps, yang disebut Ethernet saja. Standart yang digunakan meliputi: 10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10Base
100 Mbps, disebut sebagai Fast Ethernet. Standart yang digunakan meliputi: 100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX
1000 Mbps atau 1 Gbps, yang disebut Gigabit Ethernet. Standart yang digunakan meliputi: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT
10000 Mbps atau 10 Gbps untuk 10 kecepatan Gbps belum dilaksanakan..
Baca Juga
SHARE
Addin Albani
Halo nama saya Muhammad Addin Albani Biasa di Panggil Adin,Saya Pelajar Di SMK PGRI lemahabang,Saya Tinggal Di Kp.Peundeuy 2. Sekian terimakasih ^^
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar